Log In | Subscribe | Sitemap
HOME
Retail Updates

JIWA SEORANG ‘STRIKER’ YANG BERHASIL MEMBAWA TEAM NYA

DALAM MENAKLUKKAN TARGET PERUSAHAAN

Oleh: Retail Community

>> more
Newsletter Sign Up
Name
Email
Industry
Position
 
GDP growth (annual %)

Kurs
 
Retail Updates
Retail Updates

 

KEUNIKAN PRODUK LOTTE MENJADI STRATEGI DALAM PEMASARAN

Oleh: Retail Community

 Nama LOTTE semakin dikenal semenjak dikaitkan dengan brand-brand Korea yang sedang menjadi trendsetter anak muda & usia produktif. Sudah banyak perusahaan afiliasi LOTTE group yang masuk di Indonesia meliputi Fast Food (Lotteria), Mall (Lotte Shopping Avenue), LOTTE Mart (dulu Makro), Logistic, Chemical, Advertising, Confectionery (biskuit, makanan ringan & permen) dan beberapa perusahaan lainnya.

LOTTE Group sendiri saat ini memiliki 2 Headquarter yaitu di Jepang & Korea Selatan. Untuk bisnis Confectionery di Indonesia, LOTTE mendirikan LOTTE Trade & Distribution. Perusahaan yang bergerak dibidang distribusi Confectionery ini memiliki headquarter di Jepang. Sedangkan perusahaan-perusahaan LOTTE lainnya berkantor pusat di Korea Selatan. Kali ini team retail community ingin mengulik salah 1 bisnisnya Lotte, di bidang Confectionery. Bertemu langsung dengan Pak Badai S. Kristanto yang berkantor di South Quarter Building Jakarta Selatan, beliau dipercaya sebagai Sales Director di PT. LOTTE Trade & Distribution, yaitu perusahaan afiliasi LOTTE yang bergerak di bidang Confectionery. Produknya ada 30an item lebih yang meliputi CHOCOPIE, Permen karet XYLITOL & beberapa brand lainnya.

Salah satu brand yang saat ini menjadi backbone’nya adalah produk Softcake LOTTE CHOCOPIE.  Berbeda dengan produk biskuit & wafer, pemain produk asli Jepang ini masih bisa dihitung dengan jari. Beliau cukup percaya diri bahwa produknya bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Hal ini disebabkan karena karakteristiknya yang unik. LOTTE CHOCOPIE adalah produk softcake yang lembut yang ditengahnya berisi marshmallow yang kenyal dan diluarnya di salut oleh coklat yang enak & premium. Dengan keunikan tersebut LOTTE CHOCOPIE menjadi salah satu alternatif baru cemilan untuk keluarga. Dan saat ini LOTTE CHOCOPIE sudah memimpin pasar soft cake di Indonesia. Pertumbuhan penjualannya pun cukup significant dan selalu konsisten dengan kenaikan penjualan double digit setiap tahun dari sejak diluncurkan di akhir tahun 2015 sampai sekarang.

Filosofi yang dipakai LOTTE untuk mencapai kesuksesan ada tiga hal, yaitu Originality, Quality, Customer Oriented. Selain itu distribusi dan pemilihan mitra kerja yang tepat juga menjadi kunci kesuksesannya. LOTTE menggandeng distributor lokal, yang berperan kunci dalam membantu pemasaran di Modern trade dan Traditional trade.

Pabriknya di kawasan indutri MM2100, Cibitung seakan menjadi saksi, bahwa tidak semua produknya bisa dengan mudah diterima oleh masyarakat. Tetapi dengan kejelian dalam mencari opportunity inilah, LOTTE berhasil menumbuhkan bisnisnya di bidang Confectionery.

 ============================================================================

RETAIL COMMUNITY adalah wadah komunikasi dan networking para pelaku RETAIL.  Yang menghubungkan antara para pemilik brand, pelaku usaha distribusi, grosiran, dan juga store outlet (Middle - Up Level), untuk berbagai jenis Produk Kategori. Berbagai kegiatan Komunikasi dilakukan baik di WA Group, maupun Kopi Darat melalui kegiatan Talkshow2.

 

Instagram: retailcommunity

Archive

PayPal